Jenis Batu Akik Banten,Batu Akik Biduri,Batu Akik Cat Eye

Jenis Batu Akik Banten,Batu Akik Biduri,Batu Akik Cat Eye - Indonesia negara yang di beri keindahan dan kekayaan alam oleh ALLAH SWT patut kita syukuri kita berada di Indonesia.Selain kekayaan alam yang indah ada satu lagi yang sering kita lupakan bahwa Indonesia termasuk penghasil batu permata diantaranya Batu Akik Banten,Batu Akik Biduri,Batu Akik Cat Eye yang sangat indah dan di gemari oleh seluruh dunia.Berbagai jenis batu akik yang kita temui sekarang ini merupakan batuan yang berasal dari mikro kristal kuarsa dengan tingkat kehalusan dan kecerahan warnanya yang berbeda. Dalam perkembangannya, batu akik di Indonesia menyimpan banyak makna, seperti pengasihan, menunjukkan pesona asmara, rasa tentram bahkan membawa kewibawaan dan karisma pemakainya. 

Berikut ini 3 jenis batu akik yang banyak di Indonesia:

 1.Batu Akik Kalimaya Banten
 
Kalimaya adalah jenis batu permata (batu akik banten) dari kelompok opal, yaitu mineral silika dengan formula SiO2.nH2O. Tidak berbentuk Kristal seperti kuarsa (amorf), mempunyai tingkat kekerasan 5.5 sd 6,5 pada skala Mohs.Nama Kalimaya berasal dari daerah Banten. Muncul dan popular sejak awal adanya kegiatan penggalian batu ini di daerah Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Ada yang menyebutkan bahwa kalimaya berasal dari nama sungai yaitu Kali Maja tempat dimana awal aktifitas penggalian batu ini dilakukan.Penyebaran keterdapatan kalimaya berada di wilayah Kecamatan Maja, Sajira dan Cimarga, berada dalam batuan Formasi Genteng yang berumur Pliosen.Kalimaya diklasifikasikan kedalam beberapa jenis seperti kalimaya susu, kristal, teh, bunglon hingga jarong.

Dalam klasifikasi Australia terdiri atas beberapa jenis warna dasarnya, yaitu mulai dari light opal hingga black opal. Namun ada juga satu jenis opal, terutama yang berasal dari amerika selatan atau afrika dinamai fire opal, untuk jenis kalimaya banten maka fire opal bisa disetarakan dengan kalimaya teh, light opal sebagai kalimaya susu, sedangkan black opal sebagai jarong.Kalimaya sangat dihargai di kalangan pelaku usaha batu permata sehingga harganya lebih mahal dari opal Australia, opal Amerika maupun opal Afrika.Diantara batu permata, opal menduduki tempat sebagai Ratunya Batu Permata “The Queen of Gems” (Shakespeare) dikarenakan didalam satu batu opal dapat disaksikan kemilau indahnya batu permata lain seperti, ruby, zamrud, topas, kecubung hingga sapphire melalui warna-warninya opal.

Konon disebutkan bahwa Mark Antony dari Roma, menghadiahkan cincin opal kepada Ratu Cleopatra yang dicintainya. Harga cincin tersebut bila disebandingkan, adalah seharga dua ribu ekor kuda yang bagus pada saat itu. Opal juga merupakan bagian terpenting dari perhiasan yang biasa dipakai oleh Ratu Elizabeth I (1533-1603). Begitu pula dengan Ratu Victoria (1837-19010)

2.Batu Akik Biduri
Batu akik biduri bulan terdiri dari potassium alumunium silicate, batu biduri bulan mempunyai nilai keras 6-6.5 berdasarkan daftar keras Mohs dan tergolong pada batu mulia tanggung (half-edelsteen). Batu biduri bulan telah dikenal dan digunakan oleh manusia sebagai perhiasan selama berabad-abad. Di India batu ini termasuk batu yang sakral. Batu biduri bulan amat indah, memberi kesan misterius dan mistik. Cahayanya yang dipancar seperti bulan purnama dan harganya sangat mahal.

Warna batu akik biduri bulan bermacam-macam, ada yang putih, kuning, abu-abu, coklat, merah muda, jinga, hijau dan adapun yang tidak berwarna. Berhati-hatilah membeli batu yang satu ini karena banyak yang palsu. Batu biduri bulan yang palsu dibuat oleh kulit kerang yang telah digosok halus. Adapun batu opal murah yang jernih dan dijual sebagai batu biduri bulan.

Kegunaan atau manfaat
Batu biduri bulan dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain meningkatkan hasrat, mendatangkan rasa welas-asih, membuat perasaan tajam, melindungi wanita dan bayi dan digunakan untuk para wanita untuk memikat hati pria. Tetapi jika tidak cocok dengan pemakainya batu ini akan mendatangkan rasa sedih dan murung.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu biduri bulan dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Juni dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 13. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu biduri bulan dihubungkan dengan zodiac gemini.

3.Batu Akik Cat Eye

Ada yang unik kenapa Batu Mulia yang satu ini disebut Cat eye (Mata Kucing) Kita tahu bahwa kucing yang konon disebut binatang kesayangan Cleopatra ini punya satu keistimewaan yang merupakan ciri khas hewan-hewan yang aktif di waktu malam (hewan nocturnal). Matanya akan seperti bersinar jika ia berada di lingkungan yang pencahayaannya sangat minim. Mengapa mata kucing terlihat bersinar? Bagaimana bisa demikian? Karena bagian mata yang disebut tapetum lucidum-lah yang memiliki peran besar menjadikan mata kucing bersinar dalam gelap.

Begitu juga dengan Batu Mulia yang kita sebut Cat eye (Mata Kucing) bila didalam kegelapan dan ada seberkas sinar, maka muncullah segaris sinar mirip dengan mata hewan yang bernama kucing,disinilah keunikan batu ini hingga orang tergila-gila mencari batu yang bernama cat eye.Para pengamat percaya bahwa inclusion dari batu ini memberikan kesan tersendiri dari cat eye atawa mata kucing. Hal Ini membawa hasil apabila cahaya yang terpancar pada batu itu dipantulkan oleh inclusion yang lebih cerah dan kelihatan seperti mata kucing yang terkena cahaya. Dan bila batu ini dicondongkan, dan juga seolah-olah bergerak merentasi bahagian atas batu. Alhasil, pasaran cat eye menjadi tinggi seiring kualitas yang menyertainya.

Batu mata kucing atau Batu Akik Cat eye banyak berasal dari banyak negara, beberapa diantaranya adalah Srilangka, India, Afrika, Brazil, dan Indonesia Batu Mata Kucing berdasarkan materialnya merujuk kepada batu permata dari keluarga chrysoberyl. Ini karena fakta karakteristik cat eye didapati dan terjadi pada batuan jenis chrysoberyl dan dikenali sebagai chrsoberyl cat eye. Tapi selain itu terdapat juga batu permata lain yang menampilkan ciri cat eye seperti quartz cat eye, ruby cat eye, peridot cat eye, sapphire cat eye, emerald cat eye, dan moonstone cat eye. Chrysoberyl cat eye mempunyai kekerasan 8 pada skala Mohs dengan warna varieti dari warna kuning lemon, kuning madu, dan kuning kehijauan sehingga ke warna hijau dan hijau coklat. Chrysoberyl cat eye merupakan batu permata yang menampilkan keindahan dan keajaiban alam semulajadi yang cukup sempurna.
Title : Jenis Batu Akik Banten,Batu Akik Biduri,Batu Akik Cat Eye
Description : Jenis Batu Akik Banten,Batu Akik Biduri,Batu Akik Cat Eye - Indonesia negara yang di beri keindahan dan kekayaan alam oleh ALLAH SWT patut...